Keunggulan Kurikulum Merdeka Beserta Manfaat dan Dampak Positifnya - SMA NEGERI 1 CEPER

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 02 Maret 2023

Keunggulan Kurikulum Merdeka Beserta Manfaat dan Dampak Positifnya

 


Apakah di sekolah Bapak/Ibu sudah mulai menerapkan Kurikulum Merdeka? Menurut Bapak/Ibu, bagaimana kesan yang dirasakan setelah menggunakan kurikulum baru ini? Tentu pembelajaran bisa berjalan lebih efektif dan optimal, kan? Seperti Bapak/Ibu ketahui, Kurikulum Merdeka memang berbeda dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Kurikulum ini juga diharapkan bisa menjadi booster pemulihan pendidikan pasca pandemi. Lalu, apa sih keunggulan Kurikulum Merdeka ini? Yuk, simak selengkapnya!

Mengapa Memilih Kurikulum Merdeka

Setelah diluncurkan awal tahun 2022 silam, pemerintah memang belum mewajibkan semua sekolah untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Hal itu berkaitan dengan perbedaan kondisi serta kesiapan setiap sekolah. Bagi sekolah yang dirasa sudah mampu, baik dari infrastruktur maupun SDM, diharapkan bisa mengimplementasikan kurikulum ini dengan cara mendaftar di situs yang disediakan. Lalu, mengapa memilih Kurikulum Merdeka? Ada tiga alasan mengapa suatu satuan pendidikan harus memilih Kurikulum Merdeka, yaitu sebagai berikut.

Lebih Sederhana Tapi Mendalam

Alasan pertama adalah mata pelajaran yang diajarkan hanya mata pelajaran yang esensial saja, sehingga pembelajaran bisa lebih mendalam dan bermakna. Dengan itu diharapkan bisa meningkatkan kompetensi peserta didik dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Lebih Merdeka

Peserta didik di jenjang SMA sudah sepatutnya merasa lebih merdeka. Hal itu karena tidak adanya sistem peminatan seperti pada kurikulum sebelumnya. Peserta didik diberi kebebasan untuk memilih kelompok mata pelajaran sesuai dengan minat serta bakatnya. Tidak hanya itu, setiap sekolah juga diberi kebebasan untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan peserta didiknya.

Lebih Relevan dan Interaktif

Salah satu pembelajaran yang ditekankan pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berbasis proyek, sehingga pembelajaran bisa berjalan interaktif. Pembelajaran semacam ini bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan menumbuhkan perilaku yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.

Manfaat Kurikulum Merdeka

Lalu, apa sih manfaat yang akan diperoleh melalui penerapan Kurikulum Merdeka ini?

  1. Sekolah bersinergi dengan pemerintah daerah dan orang tua bisa menemukan solusi yang efektif untuk menjawab tantangan pendidikan yang terjadi di setiap sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diterima peserta didik.
  2. Kinerja guru menjadi lebih fokus karena ada pengurangan beban administrasi.
  3. Peserta didik bisa mengembangkan potensi sesuai minat dan bakat melalui lembaga sekolah.

Dampak Positif Dilaksanakannya Kurikulum Merdeka

Menurut Mendikbudristek Nadiem Makarim, kehadiran Kurikulum Merdeka diharapkan bisa mengatasi krisis pendidikan di Indonesia dengan membentuk generasi yang adaptif terhadap perubahan zaman. Adapun dampak positif dari dilaksanakannya Kurikulum Merdeka ini adalah sebagai berikut.

Menciptakan Ruang Pembelajaran yang Positif

Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan pembelajaran yang esensial dan sesuai dengan minat atau bakat peserta didik. Ternyata, konsep pembelajaran esensial ini menghasilkan interaksi yang membangun, sehingga terbentuk ruang belajar yang lebih positif, di mana guru teach at the right level dan peserta didik get knowledge at the right level.

Mengubah Sistem Pendidikan Menjadi Lebih Baik

Salah satu keunikan Kurikulum Merdeka ini adalah memuat beberapa episode dengan fokus program yang berbeda-beda namun tetap sinergis. Sinergitas ini mampu mengubah sistem pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan berkualitas.

Menghasilkan Guru yang Lebih Kompeten

Program Guru Penggerak merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membentuk guru-guru yang berkompeten dan bisa terus berkembang seiring tuntutan zaman. Itu artinya, Kurikulum Merdeka tidak hanya fokus pada peningkatan kompetensi peserta didik, namun juga fokus pada pengembangan kompetensi guru.

Keunggulan Kurikulum Merdeka

Keunggulan Kurikulum Merdeka bisa ditinjau dari sisi siswa, guru, maupun sekolah. Lalu, apa saja keunggulannya?

Keunggulan Kurikulum Merdeka bagi Siswa

Bagi siswa, Kurikulum Merdeka memiliki sejumlah keunggulan seperti berikut.

  1. Peserta didik tidak dipaksa untuk mempelajari mata pelajaran yang tidak disukainya. Mereka bisa memilih mata pelajaran apa yang ingin dipelajari dan sesuai dengan minat serta bakatnya.
  2. Pembelajaran terasa lebih menyenangkan karena disesuaikan dengan tingkat kompetensi peserta didik di setiap fase.
  3. Peserta didik tidak dipaksa atau diburu-buru untuk menguasai suatu mata pelajaran.
  4. Peserta didik akan terbiasa untuk menerapkan pola pikir kritis melalui pembelajaran berbasis proyek dengan melibatkan Profil Pelajar Pancasila.

Keunggulan Kurikulum Merdeka bagi Guru

Adapun keunggulan Kurikulum Merdeka bagi guru adalah sebagai berikut.

  1. Guru bisa menentukan sendiri perangkat ajar yang sesuai dengan kondisi peserta didiknya.
  2. Guru bisa mengajar pada kondisi yang tepat atau teach at the right level karena pembelajaran mengacu pada fase CP.
  3. Guru lebih dekat dengan peserta didiknya melalui asesmen diagnostik nonkognitif.
  4. Guru menjadi lebih kreatif dan inovatif karena harus bisa mengembangkan perangkat ajar yang menarik bagi peserta didiknya.

Keunggulan Kurikulum Merdeka bagi Sekolah

Berikut ini adalah keunggulan Kurikulum Merdeka jika ditinjau dari sisi sekolah.

  1. Sekolah diberi kebebasan untuk menentukan sistem pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah tersebut.
  2. Sekolah merupakan tempat untuk membentuk SDM Pendidik yang unggul melalui kegiatan pengembangan perangkat ajar.
  3. Sekolah bisa memetakan sendiri tingkat kesiapan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.
  4. Sekolah mendapatkan pendampingan dari pemerintah sebagai bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka.

Kelebihan Kurikulum Merdeka Dibandingkan Kurikulum 2013

Program pengembangan kurikulum pasti bertujuan untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Begitu juga dengan Kurikulum Merdeka yang merupakan penyempurna dari Kurikulum 2013. Lalu, apa kelebihan kurikulum ini dibandingkan Kurikulum 2013?

Tidak Ada Peminatan

Di Kurikulum 2013, para pelajar tingkat SMA atau sederajat wajib memilih satu peminatan, misalnya IPA, IPS, atau Bahasa. Ternyata, sistem peminatan itu sudah tidak berlaku di Kurikulum Merdeka. Di kurikulum ini, peserta didik diberi kebebasan untuk memilih kelompok mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Alokasi JP

Salah satu kelebihan Kurikulum Merdeka dibandingkan Kurikulum 2013 adalah alokasi jam pelajaran dihitung pertahun, bukan lagi perminggu seperti sebelumnya.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran di Kurikulum 2013 ditentukan per tahun atau per tingkat kelas. Sementara pada Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran ditentukan per fase, yaitu dalam kurun waktu 2 – 3 tahun. Artinya, peserta didik diberi waktu lebih lama untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran tanpa terasa diburu-buru.

Kebebasan guru

Di Kurikulum Merdeka, guru diberi kebebasan untuk menentukan sendiri perangkat ajar yang sesuai dengan kondisi peserta didiknya. Hal ini tentu berbeda dengan Kurikulum 2013, di mana perangkat ajar sudah bersifat saklek.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan untuk setiap insan pendidikan dalam mengembangkan dirinya sesuai minat dan bakat, sehingga terjadi peningkatan kompetensi.

Sumber : https://sman1ceperklaten.sch.id/?p=1887

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages