Definisi Sekolah Adiwiyata, Tujuan, dan Penghargaannya - SMA NEGERI 1 CEPER

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 02 Maret 2023

Definisi Sekolah Adiwiyata, Tujuan, dan Penghargaannya

 


Manusia adalah satu-satunya makhluk hidup berakal yang hidup menempati lingkungan. Sudah seharusnya kepedulian terhadap lingkungan menjadi tanggung jawab setiap orang.
Lingkungan sangat membutuhkan perhatian manusia. Tanpa kepedulian manusia, kerusakan lingkungan dapat terjadi di mana-mana.

Perilaku manusia yang kurang peduli terhadap lingkungan di sekitarnya dapat diubah melalui program-program edukatif. Sebagai penerus bangsa, generasi muda tentunya menjadi harapan untuk kehidupan yang lebih baik.

Salah satu program peduli lingkungan yang dapat mendukung kepedulian generasi muda terhadap lingkungan adalah program Adiwiyata yang diterapkan di sekolah.

Pengertian dan Tujuan Sekolah Adiwiyata

Melansir buku Jejak Cinta dan Pengabdian oleh Cahyadi Takariyawan dll, kata Adiwiyata sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang diambil dari dua kata, yakni adi dan wiyata. Adi berarti besar, baik, agung, ideal, dan sempurna. Sementar wiyata berarti temoat di mana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika.

Secara istilah Adiwiyata berarti tempat yang besar dan ideal bagi seseorang yang menuntut ilmu, norma, dan etika, sebagaimana tertulis dalam buku

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang menerapkan hidup peduli lingkungan. Sekolah Adiwiyata bertujuan menyadarkan warga sekolah akan lingkungan sehingga dapat turut bertanggung jawab dalam penyelamatan lingkungan.

Di samping itu, sekolah Adiwiyata juga menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah sebagai tempat kegiatan pembelajaran.

Pelaksanaan program Adiwiyata tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 05/2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata
Penghargaan Adiwiyata diberikan pada tahap pemberdayaan dan tahap kemandirian, seperti disebutkan dalam buku Best Practices Manajemen dan Kepengawasan Sekolah karya Ridwan Abdullah Sani dan Anies Muctiany.

Penghargaan sekolah Adiwiyata tahap awal dibedakan menjadi dua kategori, yakni:
Sekolah Adiwiyata
Penghargaan diberikan kepada sekolah yang dianggap berhasil dalam menyelenggarakan pendidikan lingkungan hidup.
Calon Sekolah Adiwiyata
Penghargaan diberikan kepada sekolah yang dianggap telah berhasil dalam pengembangan pendidikan lingkungan hidup

Penghargaan sekolah Adiwiyata juga memiliki tingkatan sebagai berikut:

Sekolah Adiwiyata Kabupaten/Kota
Penghargaan diberikan oleh Bupati/Walikota dalam bentuk piagam dan piala

Sekolah Adiwiyata Provinsi
Penghargaan diberikan oleh Gubernur dalam bentuk piagam dan piala

Sekolah Adiwiyata Nasional

Penghargaan diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dalam bentuk piagam dan piala serta penghargaan piagam oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sekolah Adiwiyata Mandiri
Penghargaan diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bentuk piagam. Kemudian penghargaan piala dari Kementerian Lingkungan Hidup akan diberikan kepada pihak sekolah melalui Presiden.

Adapun penghargaan Adiwiyata tidak diberikan dalam rangka perlombaan. Penghargaan ditujukan sebagai bentuk apresiasi karena sekolah mampu menerapkan program Adiwiyata dengan benar.

Sumber : https://sman1ceperklaten.sch.id/?p=1890

Baca artikel detikedu, "Definisi Sekolah Adiwiyata, Tujuan, dan Penghargaannya" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6253525/definisi-sekolah-adiwiyata-tujuan-dan-penghargaannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages